25 Puisi ibu untuk anak SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD Terbaru

Berikut ini merupakan puisi ibu untuk anak SD!

Kelas 1


Pahlawanku

Ibuku pahlawanku
Menjagaku setiap hari
Memastikan diriku baik-baik saja

Ibuku pahlawanku
Mengajariku berbagai hal
Agar aku menjadi anak yang pandai 

..

Sayang

Aku sayang ibu
Dialah yang menjaga
Membimbingku setiap hari
Belajar dan memahami
Berbagai ilmu

Aku sayang ibu
Dia lah yang membimbingku
Bagaimana berakhlak mulia
Menyayangi kepada sesama
Mengasihi kepada saudara
Sehingga kelak Tuhan akan mengasihi kita. 


Doaku

Di dalam doaku
Aku selalu meminta
Kepada Allah yang maha kuasa
Agar ibuku dijaga senantiasa

Agar ibuku sehat selalu
Bahagia bersama keluargaku
Aku pun tak lupa berdoa
Agar bisa menjadi anak yang sholehah.


Bersama Ibu

Jika bersama ibu
Hatiku terasa damai
Kan aku tahu ibu menjagaku
Laksana taman indah permai

Walaupun kadang marah
Bukan berarti ibu tak suka
Dari hati yang paling dalam
Kepadaku, ibuku selalu sayang.


Cita-citaku

Cita-citaku sederhana
Hanya ingin membuat ibuku bahagia
Aku akan berjuang sekuat tenaga
Untuk meraih cita-cita

Agar ibu ku merasa bangga
Melihat diriku sebagai putranya
Itulah keinginan di dalam jiwa
Moga-moga terlaksana


Guruku

Ibuku adalah guruku
Yang telah mengajariku
 bagaimana merapikan tempat tidur
Membersihkan kamar
Membuang sampah di tempatnya

Ibuku adalah guruku
Yang mengajarkan untuk belajar
Bersemangat mengejar cita-cita
Agar cerah masa depan kita.

puisi untuk ibu anak sd


Kelas 2


Selanjutnya adalah kumpulan puisi tentang ibu untuk anak kelas 2 SD. Tentunya puisi anak kelas 2 SD tidak jauh beda dengan kelas. 

Gunakan bahasa yang sederhana, mudah dicerna, dan dipahami oleh mereka.

Cahaya

Engkau laksana cahaya
Di malam yang gelap gulita
Terang bagaikan rembulan
Ditemani bintang-bintang

Bersamamu hidupku bahagia
Jauh dari duka nestapa
Setiap hari bercanda dan tawa
Membuat hidup ini begitu indah


Lembut

Oh ibuku…
Betapa lembut hatimu
Bila aku terluka
Engkau pun merasa duka

Tetapi…
Bila aku bahagia
Engkau pun turut tertawa
Bagiku kaulah penyempurna
Dalam hidupku di dunia.


Terima Kasih

Oh ibuku tercinta
Kuucapkan terima kasih
Untuk segala galanya
Perjuanganmu yang begitu perih

Engkau selalu bersabar
Mendidikku hingga besar
Engkau selalu berdoa
Agar diriku hidup bahagia

Semoga Tuhan selalu berikan
Kepada ibu kesehatan
Agar bahagia ini berlangsung lama
Sampai aku tumbuh dewasa


Pengorbanan

Hari demi hari
Waktu demi waktu
Kita hidup di bawah pengorbanan seorang ibu.

Bangun pagi
Menyiapkan segalanya
Bekerja tiada henti henti
Mengurus kami semua

Izinkan aku untuk membantu
Agar ibu tak jatuh sakit
Bila ibu terlalu lelah
Nanti sakit tak bisa apa-apa.


Nasehat Ibu

Jadilah anak yang baik
Suka memberi dan memaafkan
Senang berteman tidak bermusuhan

Aku ingin seperti ibu
Memiliki banyak teman
Mereka semua baik kepada kita
Karena ibu baik kepada mereka


Doa

Ku dengar sayup sayup suara
Ditengah malam yang sunyi sepi
Rupanya Ibu sedang berdoa
Kepada Allah yang maha kuasa

Berdoa untuk keluarga
Agar mendapat bahagia
Bukan sekedar di dunia
Tetapi juga bahagia disana. 

Terima kasih wahai ibu
Doamu pasti diperkenankan
Dalam hati aku aminkan
Agar Allah mengabulkan.


Kelas 3


Selanjutnya adalah puisi tentang ibu untuk anak kelas 3 SD. Puisi di bawah ini terdiri dari berbagai macam puisi. Bisanya puisi yang berisikan doa, puisi pendek, maupun puisi singkat yang hanya terdiri dari satu atau dua bait saja.

Ibu

Ibu aku menyayangimu
Engkau berjuang melahirkanku
Penuh kasih sayang merawat diriku

Seandainya aku jauh darimu
Aku merasa tak aman di dunia ini
Namun jika aku bersamamu
Semuanya baik-baik saja

Betapa aku sayang padamu
Itulah sebabnya kenapa aku selalu membantu
Membersihkan rumah
Merapikan kamar
Menyapu halaman

Semua kulakukan agar tak keletihan.

Maafkan diriku wahai ibu
Yang selalu membuatmu marah
Belum bisa membuatmu bahagia
Namun didalam hatiku ini
Ada sebuah janji yang terpatri

Bawa suatu hari nanti
Aku akan pergi
Untuk meraih cita-cita
Lalu bila telah kudapatkan
Kepadamulah aku persembahkan.


Pendidikan

Pendidikan mu begitu berarti
Sehingga aku rasakan manfaatnya
Kau yang mendisiplinkan hidupku
Sehingga segalanya terasa mudah

Setiap PR langsung ku kerjakan
Setiap tugas Aku selesaikan
Rumah pun aku rapikan
Segalanya kini terasa ringan

Seandainya aku malas
Tentu saja hidupku tergilas
Tak mungkin aku bisa mandiri
Akan menyusahkan orang lain

Namun engkaulah yang mendidikku
Hidup disiplin setiap waktu
Sehingga aku pun merasakan
Apa yang telah engkau ajarkan


Tiada Pengganti

Bila engkau kau pergi
Tentu saja tiada pengganti
Tak akan ada orang yang sayang
Seperti sayangnya dirimu

Apapun yang terjadi
Engkaulah yang terbaik dalam hidupku
Aku selalu merindukanmu
Aku bahagia bersamamu.


Hidupku

Hidupku dihiasi kebahagiaan
Karena ibuku penuh kasih sayang
Aku dimanja, di ajarkan, dan dididik

Ibuku penuh dengan kelembutan
Suaranya merdu terdengar
Caranya menunjukkan kesabaran
Sehingga di dekatnya aku merasa tentram.

Kelas 4

Tidak hanya di kelas 3, puisi juga diajarkan di kelas 4 SD. Tema puisi pun beraneka ragam. Selain puisi tentang ibu, kita juga belajar membuat puisi tentang lingkungan, keindahan alam, desaku, kepahlawanan, persahabatan, alam, tentang cita-cita, maupun yang lainnya.

Di bawah ini merupakan contoh puisi tentang ibu untuk anak kelas 4 SD.

Ibu dan Ayah

Tak akan pernah kulupakan
Tak akan pernah ku abaikan
Engkau selalu dalam pikiran
Engkau yang memang ku utamakan

Ibuku yang telah mengandungku
Menimangku dengan kasih sayang
Jasa jasamu tiada terbalaskan

Ayahku yang telah mencari nafkah
Tanpa kerja kerasmu aku tak bisa sekolah
Gak bisa membeli makanan
Adik pun tak bisa membeli mainan

Terima kasih ayah dan ibu
Untuk segala yang kau berikan
Namamu terukir didalam kalbu
Tak mungkin pernah aku lupakan.


Buat Ibu tercinta

Karena aku beranjak dewasa
Aku tetap membutuhkan tempat bertanya

Wahai ibuku yang tercinta
Doakan aku supaya kuat
Doakan aku supaya bijak
Dan tidak terinjak-injak

Aku adalah putrimu
Yang menyayangi setiap waktu
Namun juga selalu membutuhkan
Doa tulus yang kau panjatkan.


Bersyukur

Alhamdulillah
Ku ucapkan syukur kepada yang kuasa
Yang telah memberikan diriku
Sebaik-baik seorang ibu.

Betapa aku bergembira
Dengan anugerah yang sangat indah
Hidup di tengah keluarga
Yang saling sayang antar sesama

Bila besar nanti
Aku ingin menjadi
Anak yang berguna
Yang memberi bahagia
Membawa sejahtera
Untuk kedua orang tua.


Rumahku surgaku

Alhamdulillah
Orang tuaku mempunyai rumah
Anugerah dari Tuhan yang maha pemurah
Tempat kami bersyukur dan beribadah

Rumahku surgaku
Bila dipenuhi dengan ibadah
Dihiasi dengan kasih sayang
Dijauhkan dari segala dosa

Rumahku surgaku
Disanalah aku memiliki seorang ibu
Yang penuh dengan kehangatan
Selalu memberi kasih sayang
Memberiku perhatian
Yang tak kudapatkan dari siapapun.


Kata Ibuku

Ibuku pernah berkata
Jadilah anak yang rajin
Jadilah anak yang jujur
Jadilah anak yang tekun

Apa gunanya kepala yang pintar
Bila  lisan yang suka berdusta
Apa gunanya menjadi pandai
Bila melawan orang tua

Jadilah anak yang berbakti
Supaya hidup diberkahi
Segalanya dimudahkan
Itulah hadiah dari Tuhan.

Kelas 5

Kini saatnya kita membuat puisi si untuk anak kelas 5 SD.

Tentunya anak 5 SD memiliki kepandaian bahasa yang lebih. Puisi yang mereka buat  lebih rumit daripada adik-adiknya. 

Berikut ini merupakan beberapa contoh puisi yang juga bertemakan ibu.

Semoga puisi-puisi di bawah ini memberi inspirasi.

Jangan Lupakan

Sepandai apapun dirimu
Jangan pernah melupakan ibu
Dialah yang telah mengandung
Dia pula yang membesarkanmu

Doanya selalu terlantun
Bahkan sebelum kau lahir ke dunia 
Semua itu menunjukkan
Betapa Ibu memiliki kasih sayang

Alangkah nestapa
Seorang anak yang lupa
Kepada ibu yang telah berjasa
Memberikan kehidupan kepadanya

Pastilah sengsara
Seorang anak yang durhaka
Hidupnya tak mungkin bahagia
Selama belum memohon maaf kepada ibu dan ayahnya.


Ibuku Sayang

Bila kutatap ibuku sayang
Aku bisa merasakan
Segala pengorbanan
Terpancar pada kedua bola matanya

Bila kutatap senyuman ibu
Ada selaksa kedamaian
Menyergap persada jiwaku
Kurasakan segala pengorbanan

Ibuku adalah kasih sayang
Ibuku adalah kesabaran
Ibuku adalah cinta yang murni
Ibuku adalah ketulusan

Kepada siapa aku kembali
Saat masalah melanda
Kepada siapa Aku bercerita
Tentu, kepada ibu tercinta.


Kelas 6


Dan terakhir adalah kumpulan puisi tentang ibu untuk anak kelas 6 SD.

Damai

Sesejuk angin semilir
Kasih sayangmu selalu ku nantikan
Ingin ku bawa ke manapun djua
Saat aku mengelilingi dunia

Seterang cahaya matahari
Bimbingan mu selalu menyinari
Sehingga aku banyak mengerti
Apa yang harus ku jalani hari demi hari

Tak terasa kini aku telah besar
Tak terasa kenangan itu telah tertinggal
Menjadi masa lalu yang sangat indah
Yang tak mungkin bisa aku lupa

Engkaulah ibu
Yang menghantarkan diriku
Menuju gerbang masa depan
Meraih cita-cita yang gemilang

Aku berjanji di dalam hati
Akan selalu berusaha
Memetik buah cita-cita
Yang telah menggantungkan disana

Aku tahu setiap langkah
Selalu anda doamu wahai ibu
Yang membuat aku serba mudah
Menjalani hari-hariku di dunia.

..

Maafkan

Maafkanlah anakmu
Yang kadang-kadang membantah
Kini aku mengerti
Hal itu membuatmu terluka

Doakan anakmu ini wahai ibu
Agar selalu berbakti setiap waktu
Membuatmu tak pernah menyesal
Memiliki anak seperti diriku.









No Comment
Add Comment
comment url