Buatlah Paragraf Tentang Liburan Sekolah, Liburan di Rumah, dan Liburan Keluarga

Liburan sekolah merupakan hari-hari dimana  anak-anak berlibur dari kegiatan sekolah.

Libur sekolah biasanya terjadi setelah ujian, baik ujian tengah semester maupun akhir semester.

Tentunya ketika berlibur banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah bertamasya.

Berikut ini beberapa contoh paragraf tentang libur.

Paragraf libur sekolah

paragraf libur

Aku sudah menanti-nanti waktu libur sekolah. Sudah banyak rencana yang aku susun untuk mengisi liburan sekolah.

Akhirnya hari libur telah tiba. Aku dan ayah ibu berkunjung ke rumah nenek di desa. Disana aku  bertemu dengan saudara-saudaraku.

Kami bermain setiap hari. Dan kami menyukai pergi memancing di sungai dekat sawah. Aku senang sekali ketika pancingku ditarik oleh ikan.

Beberapa kali aku mendapatkan ikan yang sangat besar. Ikan hasil memancing kami dimasak oleh ibu. Kami menikmatinya dengan hati yang bahagia.

Selama libur sekolah aku biasanya memiliki banyak kegiatan. Yang pertama adalah kegiatan di rumah.

Ketika libur tiba aku biasanya membersihkan rumah. Tidak hanya itu aku pun merapikan banyak barang. Sehingga rumah kembali rapi.

Jika keadaan rumah sudah rapi, kami akan jalan-jalan. Kadang mendaki gunung, kadang ke tempat wisata, atau berkunjung ke rumah nenek.

Liburan sekolah kemarin sungguh menyenangkan. Saudaraku dari luar kota berkunjung ke rumah kami.

Kami bermain bersama. Kami pun jalan-jalan ke tempat wisata. Di sana Kami menginap di sebuah Villa.

Di malam hari kami membuat acara yang sangat meriah. Ayah dan ibu membuat makanan, lalu kami menyantapnya bersama-sama.

Liburan sekolah memang selalu menyenangkan. Aku selalu berkunjung ke rumah saudaraku di kampung.

Di sana aku diajak bermain ke ladang. Di ladang itu biasanya kami mencari belalang.

Kami menangkap belalang di pagi hari. Dan kami bisa menangkap belalang sebanyak 1 botol.

Tidak ada yang lebih banyak di saat liburan kecuali berkunjung ke rumah nenek.

Di rumah nenek Biasanya aku aku diajak keliling kampung. Pemandangannya sangat indah. Sawah hijau menghampar sangat luas.

Kadang-kadang nenek mengajakku memetik daun melinjo. Kadang nenek memang cukup luas. Dan aku bermain di sana sembari menemani nenek hingga siang tiba.

Liburan sekolah kemarin kami berkunjung ke kawah Tangkuban Perahu.

Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang sangat terkenal di Jawa Barat. Gunung tersebut memiliki sebuah kawah yang mengeluarkan asap putih.

Jika kamu ingin berkunjung ke sana jangan lupa memakai jaket yang tebal. Di sana udaranya sangat dingin. Untuk menghangatkan tubuh, aku membeli jagung rebus. Ternyata rasanya sungguh nikmat.

Setiap liburan aku biasanya membantu orang tua. Orang tuaku adalah pedagang di pasar.

Banyak pekerjaan yang bisa aku lakukan di sana. Misalnya membantu menata barang dagangan.

Aku juga membantu membungkus beberapa barang dagangan. Dan jika telah selesai di sore hari, Ibuku memberiku uang yang cukup banyak. Aku sangat senang sekali karena aku bisa menabung uang lebih banyak lagi.

Saat liburan kemarin, kami sekeluarga bertamasya. Kali ini kami berjalan-jalan ke Sukabumi.

Di sana banyak sekali tempat wisata yang menarik. Diantaranya adalah jembatan gantung yang terbentang di antara lembah.

Aku pun mencoba berjalan di jembatan gantung tersebut. Ketika aku melihat ke bawah, jantungku berdebar-debar.

Berada di ketinggian membuatku sangat takut. Untunglah Ayahku bisa menenangkan diriku. Pengalaman tersebut sungguh mendebarkan.

Ayahku suka berkemah. Setiap kali liburan Ayah pasti mengajakku berkemah.

Kata beliau, berkemah membuatku menjadi pemberani. Selain itu akan membuat aku semakin mandiri.

Liburan Kemarin kami berkemah di sebuah tempat yang bernama Palutungan. Daerah tersebut berada di kaki gunung Ciremai.

10.
Kami mengisi liburan dengan jalan-jalan ke pantai. Rumah kami memang tidak jauh dari pantai. Hanya perlu waktu sekitar 1 jam untuk mencapai ke sana.

Di pantai itu aku bermain sepuasnya. Membuat istana pasir, berenang, dan naik perahu.

Setelah aku puas, kemudian kami makan bersama. Sungguh menyenangkan liburan kali ini.

Liburan Di Masa Pandemi, Liburan di Rumah

11.
Pandemi covid 19 belum juga berakhir. Pemerintah melarang kita beraktivitas di luar. Dan menganjurkan agar kita tetap berada di rumah.

Itulah sebabnya selama libur kemarin aku tidak kemana-mana. Namun bukan berarti tidak menyenangkan.

Ibuku membuat berbagai hal agar liburan kali ini tetap berkesan. Kadang-kadang ibu membuat makanan bersamaku.

Ibuku pun mengajakku untuk membuat taman di depan rumah. Kami mengerjakannya dengan hati yang bahagia.

12.
Selama liburan aku aku hanya bermain sendiri. Di lingkunganku banyak orang yang sakit.

Aku tidak boleh keluar rumah kecuali jika ada hal yang penting.

Jadi seharian aku hanya menghabiskan waktu beraktivitas di rumah. Walaupun membosankan namun hal tersebut bertujuan agar kita tak terjangkiti virus Corona.

13.
Ini cerita tentang liburan panjang sekolah di masa pandemi. Aku menunggu menunggu waktu liburan seperti ini. Karena aku akan berkunjung ke rumah saudara.

Akan tetapi semua rencana itu berakhir sedih. Di tempat kami maupun saudaraku banyak orang yang sakit. Tentunya karena sakit yang disebabkan oleh virus Corona.

Akhirnya aku hanya bisa berlibur di rumah. Menghentikan kegiatanku aku banyak melakukan aktivitas setiap harinya. Misalnya menonton TV, menggambar, ataupun mengisi teka-teki silang.

14.
Selama masa pandemi covid 19, sebaiknya kita beraktivitas di rumah saja. Meskipun libur panjang, kita tidak perlu jalan-jalan apalagi ke tempat yang ramai.

Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengobati penyakit Corona. Oleh sebab itu aku dan keluargaku pun hanya melakukan aktivitas di rumah saja.

Sebenarnya banyak hal yang aku lakukan meskipun di rumah. Untuk mengisi liburan panjang ini, aku belajar melukis bersama Ibu.

15.
Meskipun ingin jalan-jalan selama liburan, akhirnya kami hanya diam di rumah saja. Libur sekolah yang biasanya dinanti-nantikan, kini hanya dilewatkan begitu saja.

Aku menghabiskan waktu di rumah. Untuk menghilangkan kebosanan, aku membuat jadwal  kegiatan setiap hari.

Di pagi hari aku harus menyapu, mengepel, dan mencuci piring.  Kemudian apabila telah selesai, aku boleh menonton film kesukaanku.

Di sore hari aku kembali menyapu dan menyikapi rumah. Tidak lupa ataupun harus menyiram tanaman dan bunga-bunga. Itulah cerita tentang liburanku.

Liburan Bersama Keluarga

16.
Setiap kali liburan tiba, kami selalu mempunyai acara. Ayahku pasti menyiapkan liburan dengan sangat baik. Menurutnya liburan ini merupakan momen terbaik untuk membuat kenangan yang indah.

Kemarin kami liburan dengan menyewa villa di Puncak. Di sana kami melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan. Seperti membakar ikan dan memasak bersama.

Selain itu aku pun dilatih mendaki gunung. Meskipun sangat letih, namun hatiku sangat puas. Dengan mendaki gunung membuat tubuhku lebih sehat.

17.
Masa liburan adalah masa yang paling indah untuk berkumpul dengan keluarga. Kami sangat senang mengisi liburan dengan jalan-jalan ke tempat wisata sekaligus sambil belajar.

Maka dari itu kami sering mengunjungi museum ataupun kebun binatang. Di sana aku banyak belajar tentang berbagai hal.

Mulai dari sejarah hingga mengenal berbagai macam hewan.

Itulah beberapa contoh paragraf tentang liburan, baik liburan sekolah, libur bersama keluarga, maupun liburan di rumah.