3. jelaskan yang dimaksud laporan keuangan harus relevan

Soal

3. jelaskan yang dimaksud laporan keuangan harus relevan

Jawaban

Laporan keuangan harus relevan berarti informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan tersebut haruslah bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna laporan keuangan, seperti investor, kreditor, atau pihak lain yang memerlukan informasi tersebut untuk pengambilan keputusan.

Penjelasan

Informasi yang relevan adalah informasi yang dapat mempengaruhi keputusan pengguna laporan keuangan dalam melakukan tindakan atau memberikan penilaian atas suatu peristiwa atau transaksi. Informasi yang tidak relevan tidak perlu dimasukkan dalam laporan keuangan karena hanya akan membingungkan pengguna laporan keuangan dalam membuat keputusan.

Sebagai contoh, jika laporan keuangan perusahaan menyajikan informasi mengenai bisnis lain yang tidak berhubungan dengan bisnis utama perusahaan, maka informasi tersebut tidak relevan dan seharusnya tidak dimasukkan dalam laporan keuangan. Sebaliknya, informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan pada tahun lalu dan perkembangan bisnis saat ini adalah informasi yang relevan dan harus disertakan dalam laporan keuangan.




No Comment
Add Comment
comment url