1. Jelaskan mengapa pancasila dijadikan landasan idial pelaksanaan politik luar negeri Indonesia !

Soal

1. Jelaskan mengapa pancasila dijadikan landasan idial pelaksanaan politik luar negeri Indonesia ! 

Jawaban
Pancasila dijadikan landasan ideal pelaksanaan politik luar negeri Indonesia karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangat sesuai dengan prinsip-prinsip dalam hubungan internasional yang bertujuan untuk memelihara perdamaian dan kerjasama internasional, serta menghormati hak asasi manusia.

Penjelasan
Pancasila adalah ideologi dasar yang menjadi panduan dalam pembangunan nasional Indonesia. Pancasila mengandung lima nilai dasar, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kelima nilai dasar ini memuat prinsip-prinsip dasar dalam hubungan internasional, seperti menghargai kedaulatan negara dan hak asasi manusia, menjunjung tinggi perdamaian dan kerjasama internasional, serta menyelesaikan perselisihan secara damai.

Sebagai negara yang merdeka, Indonesia mengakui keberadaan dan kedaulatan negara-negara lain serta menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal ini tercermin dalam prinsip-prinsip politik luar negeri Indonesia yang berorientasi pada perdamaian, kerjasama, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Pancasila sebagai landasan ideologis negara Indonesia sangat relevan untuk membantu mengembangkan politik luar negeri yang menghargai kepentingan nasional serta kepentingan dunia. Oleh karena itu, Pancasila dijadikan sebagai landasan ideal dalam pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.




No Comment
Add Comment
comment url