Jelaskan bagaimana langkah-langkah dalam membuat blueprint service

 Pertanyaan: Jelaskan langkah-langkah dalam membuat blueprint service!
Jawaban: Ada beberapa langkah dalam membuat blueprint service, di antaranya adalah:

  1. Identifikasi jasa apa yang akan dirancang.
  2. Identifikasi siapa pelanggan dan bagaimana mereka tersegmen.
  3. Petakan proses pelayanan dari kacamata pelanggan.
  4. Petakan proses apa yang dilakukan oleh lini depan dan lini belakang kita.
  5. Tentukan bukti fisik (physical evidence) dan interaksi (interaction) yang akan digunakan.
  6. Evaluasi blueprint yang telah dibuat, dan lakukan revisi jika diperlukan.

Penjelasan: 
Blueprint service adalah sebuah diagram yang menggambarkan proses pemberian layanan (service) atau produk. Blueprint service memberikan gambaran yang jelas tentang proses pelayanan dan siapa yang terlibat di dalamnya, sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan meminimalkan biaya. Dalam pembuatan blueprint service, langkah-langkah tersebut dapat membantu dalam memastikan bahwa seluruh proses pelayanan telah terpetakan dengan baik dan dapat dianalisis secara lebih detail.
No Comment
Add Comment
comment url