Sebutkan 5 lapisan atmosfer di bumi dan tuliskan ketinggiannya serta kejadian-kejadian apa pada lapisan tersebut​

Soal

Sebutkan 5 lapisan atmosfer di bumi dan tuliskan ketinggiannya serta kejadian-kejadian apa pada lapisan tersebut​

Jawaban

  1. Troposfer (0-12 km): Lapisan terendah dari atmosfer dan tempat terjadinya fenomena cuaca. Udara semakin dingin seiring dengan ketinggian.
  2. Stratosfer (12-50 km): Lapisan dengan konsentrasi ozon yang cukup tinggi dan melindungi bumi dari sinar UV yang berbahaya. Udara semakin panas seiring dengan ketinggian.
  3. Mesosfer (50-80 km): Lapisan dengan suhu yang semakin dingin seiring dengan ketinggian. Tempat terjadinya fenomena meteor.
  4. Termosfer (80-640 km): Lapisan dengan suhu yang semakin panas seiring dengan ketinggian. Tempat terjadinya aurora borealis dan aurora australis.
  5. Eksosfer (640 km ke atas): Lapisan terluar dari atmosfer yang sangat tipis. Tempat terjadinya pengembangan orbit satelit.
Kejadian-kejadian pada masing-masing lapisan atmosfer dapat berbeda-beda dan kompleks. Namun, secara umum, beberapa kejadian yang terjadi di setiap lapisan atmosfer adalah sebagai berikut:

  1. Troposfer: Terjadinya cuaca, hujan, angin, dan badai.
  2. Stratosfer: Terbentuknya lapisan ozon yang melindungi bumi dari radiasi UV yang berbahaya.
  3. Mesosfer: Terjadinya meteor dan penghancuran meteor tersebut karena gesekan dengan atmosfer.
  4. Termosfer: Terjadinya aurora borealis dan aurora australis yang disebabkan oleh interaksi partikel matahari dengan gas-gas atmosfer.
  5. Eksosfer: Terjadinya pengembangan orbit satelit dan degradasi satelit yang sudah tidak terpakai.



No Comment
Add Comment
comment url