7. jelaskan 3 (tiga) faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara

Soal

7. jelaskan 3 (tiga) faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara

Jawaban

Perdagangan antarnegara terjadi karena adanya beberapa faktor yang mendorongnya. Berikut ini adalah 3 faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara:

  1. Keunggulan Komparatif: Konsep keunggulan komparatif menyatakan bahwa sebuah negara harus memproduksi barang atau jasa yang dapat diproduksi dengan biaya yang lebih rendah dan lebih efisien dibandingkan dengan negara lain. Dengan demikian, negara tersebut dapat memproduksi barang atau jasa tersebut dalam jumlah yang lebih banyak dan dengan biaya yang lebih murah. Negara-negara yang memiliki keunggulan komparatif dapat memperoleh keuntungan dalam perdagangan antarnegara, karena mereka dapat mengekspor barang atau jasa tersebut ke negara lain.
  2. Pertumbuhan Ekonomi: Negara-negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak barang dan jasa yang dapat diekspor. Dalam hal ini, perdagangan antarnegara dapat menjadi sarana untuk memperluas pasar dan meningkatkan volume perdagangan. Pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkatkan daya beli konsumen dan memperluas pasar bagi negara-negara lain.
  3. Globalisasi: Globalisasi telah memudahkan perdagangan antarnegara dengan menghilangkan berbagai hambatan perdagangan seperti tarif dan bea cukai. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan dan negara-negara untuk menjual dan membeli barang dan jasa secara bebas di pasar global. Dalam hal ini, perdagangan antarnegara dapat menjadi sarana untuk memperluas pasar dan meningkatkan volume perdagangan. Globalisasi juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan negara-negara yang terlibat dalam perdagangan antarnegara.
No Comment
Add Comment
comment url