Pencapaian kualitas pelayanan dasar yang baik oleh pemerintah. Jelaskan maksud pernyataan tersebut

Pencapaian kualitas pelayanan dasar yang baik oleh pemerintah. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Jawaban 


Pencapaian kualitas pelayanan dasar yang baik oleh pemerintah adalah tercapainya pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang meliputi aspek reliability,  responsiveness, assurance, empati, dan tangibles.


Dengan kata lain, pencapaian kualitas pelayanan dasar harus meliputi kepuasan dari adanya bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati


Pembahasan


Saat ini pelayanan publik merupakan salah satu pelayanan yang dianggap buruk kualitasnya. Pemerintah merupakan lembaga yang seharusnya mengayomi kepentingan masyarakat.


Namun demikian, banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan akan buruknya pelayanan pemerintah tersebut. Sehingga diperlukan adanya indikator mengenai kualitas pelayanan publik.


Keluhan yang disampaikan oleh masyarakat biasanya meliputi aspek ketidakjelasan, misalnya transparansi biaya. Berapakah biaya untuk membuat SIM? 


Selanjutnya adalah aspek akurasi yaitu urusan sesuai dengan yang dikehendaki. 


Aspek keamanan yaitu aspek adanya bukti tanda terima yang diberikan. Saat ini banyak lembaga di pemerintah yang meminta biaya kepada masyarakat namun tanpa adanya bukti penerimaan.


Dan yang terakhir adalah aspek kemudahan. Bagaimana masyarakat dapat mendapatkan pelayanan secara mudah dari lembaga pemerintah.



No Comment
Add Comment
comment url