16 Puisi cita-citaku menjadi DOKTER - Puisi Anak SD dan SMP

Buatlah puisi bertemakan cita-cita yakni cita-citaku menjadi dokter.

Jawaban

Di bawah ini adalah  contoh puisi cita-citaku menjadi dokter.

1. Saat Ku Sakit

Ketika aku sakit
Aku datang kepadamu
Kau periksa tubuhku
Lalu kau beri aku obat penyembuh

Aku ingin seperti dirimu
Yang menolong umat manusia
Sembuh dari segala penyakit
Agar mereka pun hidup bahagia


2. Dokter Anak

Kau periksa suhu tubuhku
Kau periksa detak jantungku
Kau periksa mata dan lidahku

Dengan sabar dan kasih sayang
Engkau membantuku agar sembuh
Sehingga aku kembali riang
Bisa bermain bersama teman

Aku ingin seperti dirimu
Menjadi seorang dokter yang baik
Sayang kepada anak-anak
Membantu mereka berbahagia

puisi cita-citaku dokter


3. Dokter Gigi

Pernah aku ke dokter gigi
Karena gigiku sakit sekali
Gigiku rusak juga hitam
Karena banyak memakan gula

Dokter gigi pun memeriksa
Agar sakitku segera sembuh
Terima kasih dokter gigiku
Aku pun ingin seperti dirimu

4. Dokter Hewan

Hatiku sedih tak terkira
Ketika kucingku sakit terluka
Kepadamu aku membawa
Supaya kucingku sembuh seperti semula

Aku terpesona
Melihat dirimu memeriksanya
Kau dokter hewan yang penyayang
Kucingku sembuh kembali riang

Suatu hari kelak
Aku berjanji di dalam hati
Mengikuti langkah dan jejak
Seperti dirimu dokter yang baik hati.


Pembahasan

Puisi merupakan karya sastra yang berhubungan dengan irama, Rima, dan bait.

Puisi berfungsi untuk menuangkan pikiran dan perasaan seseorang.

Misalnya menuangkan keinginan menjadi seorang dokter. Maka kita bisa menuangkannya melalui puisi.

Menjadi seorang dokter perlu kerja keras dan ketekunan. Kamu harus selalu belajar dan belajar setiap hari.

Profesi dokter merupakan profesi yang mulia. Seorang dokter menolong orang yang sakit.

Selain dokter, banyak sekali profesi manusia. Kamu juga bisa menjadi seorang guru, polisi, tentara, pilot, arsitek, dan lain sebagainya.

Untuk meraih cita-cita perlu kerja keras dan doa. Apabila bermalas-malasan, maka cita-cita tersebut akan sangat sulit diwujudkan.

Untuk menginspirasi kamu, di bawah ini beberapa contoh puisi cita-citaku menjadi dokter. Ada pula puisi cita-cita rima abab.

5. Ayahku 

Kulihat ayahku
Berseragam putih
Membawa tas kerja di tangannya
Berangkat kerja dengan mobilnya

Ayahku seorang dokter
Bekerja di rumah sakit di tengah kota
Menolong pasien yang terluka
Agar segera sembuh dari sakitnya

Aku ingin menjadi dokter
Seperti ayahku yang tercinta
Betapa besarnya jasa-jasanya
Membantu terhadap sesama.


6. Kuingin Menjadi Dokter

Ayah dan bunda bertanya
Apakah aku punya cita-cita
Lalu kujawab tentu saja

Menjadi dokter cita-citaku
Yang kuinginkan semenjak dahulu
Terpatri di dalam kalbu

Selalu rajin dalam belajar
Agar cita-citaku bisa terkejar
Halang rintangan kuhadapi dengan sabar.


7. Dokter Terbaik

Aku duduk di bangku
Menunggu antrian
Inginku sembuhkan sakitku
Yang kurasakan berbulan-bulan

Lalu kau panggil namaku
Kaupun periksa kondisi tubuh
Dengan senyuman manis dan hangat
Membuat terasa nyaman

Kau beri diriku berbagai macam obat
Harus ku minum setiap hari
Begitulah cara agar sembuh
Dari penyakit yang menimpaku

Aku ingin seperti dirimu
Menjadi dokter yang sangat pandai
Selalu siap untuk membantu
Orang sakit yang datang padamu.

8. Ingin Jadi Dokter

Ketika kau datang ke sekolah
Membawa berbagai macam peralatan
Hatiku merasa takut tak karuan
Apa yang akan  kau lakukan?

Aku takut akan disuntik
Nanti jarum menusuk kulitku
Pastilah rasanya sakit
Itulah kenapa aku tak mau

Tetapi engkau sangat pandai
Bercerita berbagai hal
Aku disuntik tak terasa
Rupanya tak sesakit yang kukira

Itulah yang membuatku bercita-cita
Menjadi dokter yang sangat pintar
Sehingga anak-anak tak pernah takut
Untuk berobat dari sakitnya.

9. Terima Kasih

Terima kasih ibu dokter
Sudah merawat ayahku
Sehingga kini sembuh
Dari penyakit yang dideritanya

Terima kasih ibu dokter
Kini kami kembali bahagia
Ayah bisa pulang ke rumah
Kembali kami bersama-sama

Dalam hatiku aku berkata
Aku ingin sepertimu saat dewasa
Menjadi dokter jadikan cita-cita
Yang diraih dengan doa dan usaha.

10. Terima kasih Dokter

Ketika aku jatuh sakit
Suhu badanku begitu tinggi
Kepalaku terasa sakit
Rasanya hampir mati

Ke dokter diriku dibawa
Oleh ayah ibu yang tercinta
Di sana aku diperiksa
Diberi obat yang pahit rasanya

Walaupun pahit tetap ku telan
Agar sembuh dari sakitku
Terima kasih dokter yang baik hati
Akhirnya aku sembuh dari sakit yang ku derita

Apabila aku sudah dewasa
Akupun ingin menjadi dokter seperti dia
Yang mengobati anak dari sakitnya
Sehingga bisa bermain seperti semula

11. Dokter Berkacamata

Berbaju putih berkacamata
Itulah dokter yang memeriksa
Diperiksanya kedua bola mataku
Begitu juga dengan detak nadi ku
Diperiksa pula suhu tubuhku

Dengan sabar kau bercerita
Sehingga aku pun terlupa
Terhadap sakit yang kau derita
Ternyata aku selesai diperiksa

Aku ingin menjadi dokter
Dokter cantik yang berkacamata
Mengobati orang yang sakit
Sambil bercerita dongeng yang indah

12. Jika Ingin Jadi Dokter

Jika ingin menjadi dokter
Kamu harus rajin belajar
Jika ingin menjadi dokter
Kamu harus menjadi pintar

Membaca buku setiap hari
Berhitung jangan dilupa
Agar otak menjadi pintar
Menjadi siswa yang pandai

Sopan santun jangan dilupa
Perhatikan tutur kata
Itulah akhlak yang mulia
Nanti menjadi dokter yang disuka

13. Cita-citaku Sederhana

Cita-citaku sederhana
Menjadi dokter yang baik hati
Agar bisa menolong orang
Sembuh dari sakitnya

Cita-citaku menjadi dokter
Supaya anak-anak sehat semua
Agar mereka bisa belajar
Menjadi anak yang pintar

Aku harus bersungguh-sungguh
Menggapai cita-citaku
Pantang menyerah
Hingga tergapai
Yang kau cita-citakan.

14. Karena

Aku ingin menjadi dokter
Karena ingin mengobati yang sakit
Dan menolong yang terluka

Aku ingin menjadi dokter
Ingin melihat orang bahagia
Karena sembuh dari sakitnya

15. Dokter Penyayang

Suatu hari nanti
Moga-moga terlaksana
Apa yang menjadi cita-cita
Yang kupendam di dalam dada

Menjadi dokter anak
Itulah cita-citaku sejak dahulu
Agar mereka selalu sehat
Otak pintar badannya kuat.

16. Dokter Idaman 

Dialah dokter idaman
Menyambut kami dengan sopan
Terasa hangat dengan senyuman
Membuat hatiku begitu nyaman

Aku tak pernah takut lagi
Bila memeriksakan diri
Jika aku jatuh sakit
Aku langsung pergi berobat

Terima kasih dokter idaman
Kau menanamkan sebuah harapan
Bahwa akan ada kesembuhan
Setelah sakit berkepanjangan

Engkau telah menginspirasi
Membuatku bercita-cita
Bahwa kelak suatu hari nanti
Ku ingin jadi dokter yang banyak disuka

….

Berikut ini merupakan alasan seseorang yang bercita-cita jadi dokter. Seseorang menjadi dokter karena dia ingin bisa mengobati orang yang sakit sehingga sembuh. Tentunya kita akan bahagia melihat orang yang sakit bisa sehat kembali.

Menjadi dokter membutuhkan biaya yang besar selama pendidikan. Namun bagi orang miskin pun sekarang bisa menjadi dokter. Banyak universitas yang menerima anak-anak penghafal Quran masuk jurusan kedokteran dan diberi beasiswa. Jadi kamu tidak boleh putus asa. Banyaklah berdoa dan berusaha.

Menjadi dokter hanyalah salah satu cita-cita dari anak Indonesia. Ada pula yang bercita-cita menjadi guru, penari, menghafal Alquran, pengusaha, tentara, masinis, arsitek, dan lain sebagainya.

Kita semua boleh bercita-cita. Namun yang harus diingat setelah bercita-cita kita juga harus berjuang menggapai cita-cita tersebut.

Teruslah belajar setiap hari. Jangan pernah bosan. Pelajari segala hal yang bermanfaat bagimu.

Setiap ilmu pasti memberikan pengetahuan baru. Bersemangatlah!


No Comment
Add Comment
comment url