18 Puisi cita-citaku menjadi TENTARA - Puisi Anak-Anak

Buatlah puisi yang bertemakan cita-citaku menjadi tentara.

Jawaban

Di bawah ini merupakan contoh puisi tentang cita-citaku menjadi tentara.

1.

Tentara 

Berseragam rapi
Berbaris dengan gagah berani
Membawa senjata di pundak
Para tentara terlihat hebat

Mereka menjaga negeri
Nyawa taruhannya tak peduli
Kepada negeri selalu berbakti
Bela negara sampai mati.

Aku ingin menjadi seorang tentara
Yang menjaga tanah Nusantara
Semoga tercapai cita-cita
Menjadi tentara Indonesia.

puisi cita-cita


2.

Cita-citaku Ingin Menjadi Tentara

Jika aku sudah besar
Aku ingin menjadi seorang tentara
Ku ingin membela negara
Agar jaya selama-lamanya

Untuk negeri ku yang tercinta
Tentu akan selalu ku jaga
Negeriku terus berjaya
Sampai hayat menutup mata

Pembahasan

Puisi cita-cita adalah puisi yang mengungkapkan keinginan atau harapan seseorang di masa dewasa.

Kita seringkali memiliki cita-cita seperti ingin menjadi tentara, dokter, guru, polisi, masinis, pramugari, arsitek, desainer, atlet, pemain sepakbola, dan lain sebagainya.

Kita bisa mencapai cita-cita kita dengan kerja keras dan berdoa kepada Allah yang maha kuasa.

Kumpulan puisi cita-cita ini diperuntukkan anak-anak yang berada di bangku sekolah dasar. Mereka dilatih untuk mengungkapkan keinginan. Selain itu mereka juga dilatih agar memiliki cita-cita yang luhur. Kemudian didorong agar mereka mau berjuang meraih cita-cita tersebut.

Berikut ini beberapa contoh puisi cita-citaku menjadi tentara 2 bait.

Aku Ingin Menjadi Tentara 2 Bait


3.
Menjadi tentara
Adalah harapan dalam jiwa
Adalah sebuah cita-cita
Semoga tercapai di waktu dewasa

Menjadi tentara
Adalah pekerjaan yang mulia
Menjaga negeri tercinta
Agar selalu berjaya.


4.

Gagah 

Betapa gagahnya
Dalam seragam loreng loreng
Berbaris memanggul senjata
Terlihat rapi dan gagah perkasa

Engkaulah para tentara
Yang dilatih di medan tempur
Berjuang hingga taruhan nyawa
Jangan musuh pantang mundur


5.

Bila Aku Dewasa

Kelak ketika aku dewasa
Aku ingin menjadi tentara
Itulah cita-cita dalam jiwa
Yang tertanam semenjak dahulu kala

Gagah berani tak takut mati
Menjadi tentara pembela negeri
Hadapi musuh gagah berani
Walaupun mati tak peduli

Puisi tentara 3 bait


Berikut ini merupakan contoh kumpulan puisi cita-citaku menjadi tentara yang terdiri dari 3 bait.


6.

Mengejar Cita-Cita

Aku tak akan lelah
Mengejar cita-cita
Agar menjadi tentara
Seragam rapi memanggul senjata

Aku tak akan pernah mundur
Walaupun tumbuh harus hancur
Seorang tentara haruslah gagah
Tak pernah takut dengan apapun jua

Aku ingin menjadi tentara
Berseragam tampak gagah
Berwibawa saat melangkah
Memegang senjata di pundaknya


7.

Kujaga Negeri 

Oh negeriku yang tercinta
Dahulu engkau pernah dijajah
Oleh negara-negara Eropa
Demi mendapat rempah-rempah

Namun kini kau merdeka
Para penjajah pulang ke asalnya
Saatnya membangun negara
Agar makmur dan sentosa

Aku ingin menjadi tentara
Yang hidup dengan gagah
Menjaga negeriku yang indah
Negeriku Indonesia tercinta


8.

Menjadi Tentara

Oh ayah dan ibu
Inilah cita-cita anakmu
Menjadi tentara Indonesia
Yang menjaga keutuhan bangsa

Aku ingin seperti mereka
Para pahlawan pejuang bangsa
Selalu rela berkorban
Hidup penuh kegagahan

Ingin ku jaga setiap batas
Jangan sampai negeri ini lepas
Sebagai warisan kepada anak cucu
Menjadi tentara adalah cita-citaku


9.

Sang Pemberani

Berani maju ke medan perang
Menjaga negara yang diserang
Dengan tekad di dalam hati
Menjaga keutuhan negeri ini

Seorang tentara adalah pemberani
Sampai kapanpun tak takut mati
Berjuang sepenuh hati
Mempertahankan negeri ini

Aku ingin menjadi tentara
Gagah berani memanggul senjata
Dengan semangat menyala-nyala
Menjaga Indonesia ku yang tercinta.


10.

Tak Takut

Setiap hari aku berlatih
Supaya tumbuh kuat dan sigap
Jauh dari sifat malas
Berdisiplin setiap saat

Jadi tentara jangan menangis
Jadilah anak yang kuat
Melatih diri menjadi hebat
Rasa takut tak digubris 

Tentara Angkatan Darat

11.
Membawa tank baja
Bergerak dengan gagah
Menjaga persada negeri
Menjadi pasukan berani mati

Aku ingin menjadi tentara
Itulah cita-cita di dalam jiwa
Sebuah panggilan dari hati
Sebagai ibadah kepada robbul Izzati


12.
Kau berbaris dengan rapi
Memanggul senjata laras panjang
Kau telah memberi inspirasi
Membuatku ingin jadi seorang pejuang

Aku ingin seperti dirimu
Menjadi tentara yang sangat gagah
Tak takut dengan apapun jua
Menjaga negeri yang tercinta


Puisi Tentara Laut

13.
Aku ingin menjadi tentara
Angkatan laut yang gagah perkasa
Mengarungi luasnya samudra
Hingga ke pelosok nusantara

Tentara Angkatan laut
Selalu berjaya menjaga negeri
Dalam hati tak pernah takut
Apalagi merasa ngeri.

Angkatan Udara

14.
Aku ingin seperti ayah
Terjun dari atas sana
Mengembangkan payung
Melayang-layang di udara

Tentara Angkatan udara
Itulah yang ku inginkan
Menjadi sebuah cita-cita
Semoga bisa aku wujudkan


15.

Satria

Aku punya cita-cita
Menjadi seorang tentara
Tumbuh kuat gagah perkasa
Pemberani bagaikan ksatria

Maju ke medan perang
Menyerbu dan menyerang
Kematian tak peduli
Demi kemerdekaan negeri ini


16.

Cita-citaku

Aku ingin menjadi tentara
Yang gagah memanggul senjata
Membuat gentar musuh di sana
Keberanian berkobar dalam jiwa

Kan ku sebrangi lautan
Menjelajahi angkasa raya
Menerobos hutan rimba
Begitulah seorang tentara


17.

Seperti Ayah

Jika kau tanya tentang cita-cita
Aku ingin seperti ayah
Menjadi seorang tentara
Buat, tegas, dan gagah perwira

Hidupnya selalu disiplin
Jauh dari sifat malas
Selalu kerjakan semua tugas
Bekerja dengan hati yang ikhlas.


18.

Tentara Nusantara

Alangkah luas Nusantara
Dari Sabang sampai Merauke
Terbentang jarak begitu luas
Itulah negeriku yang tercinta

Aku ingin selalu menjaganya
Tetap utuh sepanjang masa
Maka ku ingin jadi tentara
Gagah berani bagaikan ksatria.


Kalau kamu ingin menjadi seorang tentara maka  jangan malas belajar. Berlatihlah ah dari sekarang.

Apa saja syarat menjadi tentara? Kamu tidak boleh cacat, tidak boleh buta warna, mata harus baik, dan tinggi badan harus sesuai.

Oke itulah beberapa contoh puisi tentang aku ingin menjadi tentara.

Masih ada contoh-contoh puisi cita-cita yang lainnya. Diantaranya adalah puisi cita-citaku ingin menjadi dokter, arsitek, masinis, pramugari, pemain sepak bola, polisi, dan puisi cita-cita lainnya.

Pelajarilah puisi puisi tersebut kemudian buatlah puisi mu sendiri. Baca juga puisi cita-cita dengan rima abab
No Comment
Add Comment
comment url