12 Puisi cita-citaku ingin menjadi MASINIS - Puisi Anak Lengkap

Buatlah puisi yang bertemakan cita-citaku ingin menjadi masinis!

Jawaban

Di bawah ini merupakan contoh puisi cita-citaku ingin menjadi masinis.

1. Cita-citaku

Kulihat kereta berlalu
Melewati relnya yang begitu panjang
Kutatap kereta dari jauh
Anganku pun jauh melayang

Andaikan ku menjadi masinis
Membawa kereta melaju cepat
Menyusuri rel besi yang kuat
Menghantarkan penumpang ke tujuan

Ku ingin menjadi seorang masinis
Bekerja dengan hati yang riang
Menyusuri kota demi kota
Menikmati pemandangan indah


2. Masinis Kerata

Cita-citaku sederhana
Aku ingin menjadi masinis kereta
Karena masinis pekerjaan yang mulia
Mengantarkan penumpang menuju tujuannya

Kereta melaju begitu jauh
Meninggalkan stasiun
Menuju stasiun yang baru

Aku berharap semuanya terjadi
Harapan menjadi kenyataan
Impian bisa diwujudkan
Ku berusaha dan berdoa

puisi cita-cita masinis



3. Kereta Laju

Kereta melaju dengan cepat
Berlari tak terhambat
Menyusuri rel begitu panjang
Keliling kota seharian

Aku ingin menjadi masinis handal
Membawa kereta yang sangat panjang
Tak pernah takut menatap kedepan
Semoga terwujud apa yang aku harapkan

4. Oh Masinis

Masinis oh masinis
Seragam mu begitu manis
Bertopi gagah berbaju putih

Kereta melaju perlahan-lahan
Meninggalkan stasiun dan orang-orang
Melaju cepat semakin cepat
Menuju tujuan membawa penumpang

Masinis oh masinis
Aku ingin seperti engkau
Mengendalikan kereta di atas sana
Berpetualang ke berbagai kota

5. Aku Ingin Jadi Masinis

Kupandangi dengan takjub
Sebuah kereta yang melaju
Dengan suara yang berderap
Membangunkan suasana senyap

Di dalam sana banyak penumpang
Duduk santai dengan tenang
Menikmati perjalanan
Dengan memandangi keindahan

Di dalam kereta itu
Tentu ada masih nis handal
Mengendalikan kereta dengan cekatan
Jangan sampai terjadi kecelakaan

6.
Aku ingin menjadi masinis
Mengendalikan kereta dari besi
Memakai  seragam yang gagah 
Itulah cita-cita di dalam jiwa

Masinis adalah pekerjaan mulia
Berani mengendalikan laju kereta
Ribuan penumpang dibawa
Dengan selamat sampai ke tujuannya


7. Impianku

Dahulu aku pernah bertanya
Betapa panjangnya kereta
Bagaimana mengendalikannya?

Ibuku berkata
Ada masinis dalam kereta;
Dialah yang mengatur laju kereta.

Akupun berkata
Aku ingin menjadi masinis kereta
Itulah cita-citaku
Yang terpatri dalam kalbu.

Pembahasan

Kita harus memiliki cita-cita. Cita-cita ibarat tujuan yang mengarahkan kaki kita.

Setelah bercita-cita kita harus mengusahakan nya. Yakni mewujudkan yang menjadi kenyataan. Kamu harus rajin belajar. Sehingga cita-cita tersebut mudah terwujud.

Menjadi apapun perlu usaha yang sungguh-sungguh. Yakni berusaha dan berdoa.

Manusia hidup dengan berbagai macam profesinya. Ada yang menjadi masinis, dokter, guru, tentara, polisi, pramugari, pilot, atlet, bidan, pemain sepak bola, atlet bulutangkis, dan lain sebagainya.

MASINIS adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Menurut Edi Sukmoro selaku direktur utama PT Kereta KAI, gaji seorang masinis bisa mencapai Rp12 juta per bulan. 

Khusus calon masinis kereta lokomotif Diesel, belajarnya di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo dan Balai Yasa di kota Yogyakarta.


Dibawah ini beberapa contoh puisi cita-cita lainnya.

8. Tentara

Dalam hatiku ada rasa
Aku ingin menjadi seorang tentara
Yang berjuang membela bangsa

Berbaris dengan gagah perkasa
Tangan memanggul senjata
Dengan tubuh kuat tak terkira

Itulah cita-citaku
Yang ku impikan sejak dahulu
Doakan berhasil wahai ibu


9. Orang Sukses

Hari-hari kujalani
Dengan rasa di dalam hati
Bahwa hanya sementara di dunia ini
Tak akan lama selama-lamanya

Maka aku harus beramal
Aku lakukan sebagai bekal
Untuk hari-hari yang kekal
Kehidupan akhirat yang abadi

Aku ingin menjadi orang sukses
Bisa membantu banyak orang
Bersedekah di mana-mana
Membuat orang berbahagia

10. Pilot

Hembusan angin kurasa
Sejuk menerpa tubuhku
Burung-burung terbang melayang
Bermain-main di bawah awan

Nun jauh disana
Kulihat pesawat terbang melayang
Dalam hati aku berkata
Wahai pesawat hendak kemana

Akupun ingin terbang jauh
Berkeliling ke penjuru dunia
Dalam dada terasa menderu
Terbit dalam hati sebuah cita-cita

Menjadi pilot penerbang handal
Itulah impian di masa depan
Semoga menjadi kenyataan
Bukan sekedar angan-angan

11. Penari
Bagaikan kupu-kupu
Betapa lembut gerakanmu
Kaki bergerak ke depan ke belakang
Tangan berkelit penuh keindahan

Engkaulah penari yang sangat pandai
Indah sekali saat dipandang
Semua orang terpesona
Tarianmu sungguh indah

12. Tentara

Jika aku besar nanti
Aku ingin jadi tentara
Memanggul senjata gagah berani
Menjaga negeriku tercinta

Berani mati di medan tempur
Apapun yang terjadi pantang mundur
Begitulah seorang tentara
Dia memiliki jiwa ksatria


No Comment
Add Comment
comment url