Tuliskan Rute kedatangan bangsa belanda dan Portugis datang ke Indonesia?​

Soal

Tuliskan Rute kedatangan bangsa belanda dan Portugis datang ke Indonesia?​

Jawaban :

Belanda datang ke Indonesia melalui jalur Lautan Hindia pada abad ke-16 dan kemudian menaklukkan wilayah-wilayah di Indonesia. Portugis juga datang melalui jalur Lautan Hindia pada abad ke-16 dan mendirikan pelabuhan perdagangan di wilayah Indonesia.

Penjelasan:

Rute kedatangan Belanda ke Indonesia dimulai pada tahun 1595, ketika Belanda mengirimkan sebuah ekspedisi ke Asia dengan tujuan untuk mencari sumber rempah-rempah. Armada Belanda tiba di Banten pada tahun 1596 dan kemudian menaklukkan beberapa pelabuhan di sepanjang pantai utara Jawa, termasuk Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1619. Belanda kemudian menguasai wilayah-wilayah di Indonesia dan menjadikannya sebagai jajahan Hindia Belanda.

Sementara itu, Portugis juga datang ke Indonesia melalui jalur Lautan Hindia pada abad ke-16. Pada tahun 1511, Portugis mendirikan pelabuhan perdagangan di Malaka, yang kemudian menjadi pusat perdagangan penting di wilayah tersebut. Portugis kemudian mendirikan pelabuhan perdagangan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Ternate dan Ambon. Namun, pengaruh Portugis di Indonesia terus menurun dan akhirnya diambil alih oleh Belanda pada abad ke-17.


No Comment
Add Comment
comment url