Menjelaskan latar belakang,proses,dan reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa bangsa barat ke indonesia

Soal

Menjelaskan latar belakang,proses,dan reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa bangsa barat ke indonesia

Jawaban :

Latar belakang: Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dimulai pada abad ke-16, di mana Portugis menjadi bangsa Eropa pertama yang tiba di Indonesia.

Proses: Pada awalnya, bangsa Barat melakukan perdagangan rempah-rempah dengan bangsa Indonesia. Kemudian, mereka mulai menguasai wilayah-wilayah di Indonesia dan menjadikannya sebagai koloni.

Reaksi bangsa Indonesia: Bangsa Indonesia mengalami perlawanan terhadap bangsa Barat dengan cara melawan secara militer dan juga melalui gerakan nasionalisme yang mendorong kemerdekaan Indonesia dari penjajahan bangsa Barat.


Penjelasan:

Latar belakang:

Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dimulai pada abad ke-16, di mana Portugis menjadi bangsa Eropa pertama yang tiba di Indonesia. Mereka tertarik untuk melakukan perdagangan rempah-rempah yang kaya di wilayah Indonesia.

Proses:

Awalnya, bangsa Barat hanya melakukan perdagangan dengan bangsa Indonesia. Namun, kemudian mereka mulai menguasai wilayah-wilayah di Indonesia dan menjadikannya sebagai koloni. Bangsa Belanda menjadi bangsa Barat yang paling kuat menguasai Indonesia selama lebih dari 300 tahun. Mereka menguasai wilayah-wilayah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Selama masa penjajahan, bangsa Indonesia mengalami penindasan dan eksploitasi sumber daya alam.

Reaksi bangsa Indonesia:

Bangsa Indonesia mulai merespons kedatangan bangsa Barat dengan melakukan perlawanan. Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830 adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap bangsa Belanda. Pada tahun 1908, lahir gerakan Budi Utomo yang kemudian melahirkan gerakan nasionalisme Indonesia. Gerakan nasionalisme ini kemudian menjadi pemicu kemerdekaan Indonesia dari penjajahan bangsa Barat. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya dan menjadi negara yang merdeka dari penjajahan bangsa Barat.


No Comment
Add Comment
comment url