Organisme berikut yang memiliki sel eukariotik, klorofil, dan bersifat autotrof adalah... A. Lumut, jamur dan suplir B. lumut, suplir dan padi

Soal

Organisme berikut yang memiliki sel eukariotik, klorofil, dan bersifat autotrof adalah...

A. Lumut, jamur dan suplir

B. lumut, suplir dan padi

C. Paku-pakuan, jamur dan padi

D. Padi, lumut dan paramaecium​

Jawaban :
Pilihan A, yaitu Lumut, jamur dan suplir adalah organisme yang memiliki sel eukariotik, klorofil, dan bersifat autotrof.

Penjelasan:
Organisme autotrof adalah organisme yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Dalam pertanyaan ini, terdapat tiga karakteristik yang harus dimiliki oleh organisme tersebut, yaitu sel eukariotik, klorofil, dan bersifat autotrof.

Pilihan A, yaitu Lumut, jamur dan suplir, semuanya memiliki sel eukariotik dan klorofil, serta bersifat autotrof. Lumut dan suplir adalah tumbuhan yang dapat melakukan fotosintesis, sementara jamur memiliki pigmen yang dapat melakukan fungsi yang serupa dengan klorofil.

Pilihan B, yaitu lumut, suplir, dan padi, dan pilihan C, yaitu paku-pakuan, jamur, dan padi, masing-masing salah satu dari organisme dalam pilihan tersebut bukanlah organisme autotrof. Padi adalah tumbuhan yang dapat melakukan fotosintesis, namun lumut dan suplir dalam pilihan B, serta jamur dalam pilihan C, tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak memiliki klorofil.

Pilihan D, yaitu Padi, lumut, dan paramaecium, hanya satu organisme di antara mereka yang dapat melakukan fotosintesis, yaitu padi. Lumut adalah tumbuhan yang dapat melakukan fotosintesis, namun paramaecium adalah organisme uniseluler yang tidak memiliki klorofil dan tidak mampu melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah pilihan A, yaitu Lumut, jamur, dan suplir.





No Comment
Add Comment
comment url