kultum adab mencintai sesama manusia disertai Quran dan Hadits

 Adab mencintai sesama manusia merupakan salah satu ajaran penting dalam Islam. Setiap muslim diajarkan untuk mencintai dan menghormati sesama manusia tanpa pandang bulu. Tidak peduli apa latar belakang, agama, suku, ras atau bahkan warna kulit seseorang, semua pantas mendapatkan cinta dan penghormatan.

Dalam Al-Quran, Allah SWT. berfirman, “Dan janganlah kalian memperlihatkan kesombongan terhadap diri kalian dan janganlah berjalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan janganlah kalian berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya kalian tidak dapat menembus bumi dan tidak pula kalian dapat menyamai gunung dalam kekuatan.” (Q.S. Al-Isra: 37-38)

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak beriman salah seorang kamu, sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari ayat dan hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa adab mencintai sesama manusia adalah salah satu ajaran dasar dalam Islam. Kita harus memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Kita tidak boleh merendahkan orang lain, meremehkan, dan memperlihatkan kesombongan, karena semua orang adalah sama di hadapan Allah SWT.


kultum adab mencintai sesama manusia #1

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk beribadah di dalam rumah-Nya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umatnya yang setia mengikuti sunnah beliau hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang adab mencintai sesama manusia. Cinta pada sesama manusia adalah salah satu hal yang sangat penting dalam Islam. Hal ini dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, “Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pentingnya mencintai sesama manusia terletak pada kesempatan untuk berbagi dan membantu satu sama lain. Dalam Islam, cinta pada sesama manusia diartikan sebagai rasa kasih sayang yang tulus, saling membantu, saling menghormati, saling menjaga, dan saling mendoakan. Kita juga diingatkan bahwa dalam mencintai sesama manusia, kita harus selalu berpikir positif, tidak mudah menuduh, dan tidak memandang rendah orang lain.

Selain itu, adab dalam mencintai sesama manusia juga berlaku untuk segala umat manusia tanpa terkecuali. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT, “Dan kami tidak mengutus kamu (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya: 107) Oleh karena itu, kita harus mampu memperlihatkan sikap yang baik kepada semua orang, terlepas dari latar belakang, suku, dan agama.

Tidak hanya itu, adab dalam mencintai sesama manusia juga meliputi cara kita berinteraksi dengan sesama. Berbicara dengan bahasa yang sopan, tidak menyakiti perasaan orang lain, dan memperlakukan orang lain sebagaimana yang kita inginkan diperlakukan, adalah sebagian kecil dari adab dalam mencintai sesama manusia.

Hadirin yang saya hormati,

Sekian kultum singkat saya mengenai adab mencintai sesama manusia. Mari kita selalu berusaha untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama, dan memperlihatkan kasih sayang sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua selalu diberikan kemampuan untuk melaksanakan perintah-Nya dengan sebaik-baiknya. Amin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

kultum adab mencintai sesama manusia #2

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang saya hormati,

Cinta adalah sesuatu yang memang harus ada dalam diri manusia. Namun, kadangkala cinta ini dipahami secara salah sehingga menimbulkan akibat yang kurang baik. Dalam Islam, cinta tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang kita sayangi seperti keluarga dan teman, tetapi juga kepada sesama manusia, bahkan kepada musuh sekalipun.

Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia menyakiti tetangganya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa sebagai muslim, kita dilarang untuk menyakiti tetangga. Tetangga tidak hanya sekedar orang yang tinggal di sebelah rumah kita, tetapi tetangga dalam arti yang lebih luas, yaitu orang yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits tersebut, cinta dan kebaikan harus diwujudkan dalam tindakan yang nyata, termasuk dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia.

Mencintai sesama manusia bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita merasa terganggu dengan perilaku atau kesalahan orang lain. Namun, sebagaimana dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 12:

"Dan janganlah satu sama lain menggunjingkan yang lain. Adakah di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak menggunjingkan atau mencela orang lain. Sebaliknya, kita harus tetap menjaga hubungan baik dan menghindari perpecahan.

Mencintai sesama manusia juga berarti kita harus bisa menghargai perbedaan. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagaimana dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 13:

"Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Ayat ini menunjukkan bahwa perbedaan yang ada di antara kita sebenarnya diciptakan oleh Allah agar kita saling mengenal dan bisa hidup bersama secara harmonis.

Hadirin yang saya hormati,

Mencintai sesama manusia adalah akhlak mulia yang harus ditanamkan sejak dini. Kita harus selalu berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain, menghormati perbedaan, serta menghindari perpecahan. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan dan hidayah untuk selalu mengamalkannya. 

kultum adab mencintai sesama manusia #3

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang adab mencintai sesama manusia.

Saudaraku sekalian, mencintai sesama manusia adalah salah satu tindakan yang sangat mulia dan dianjurkan dalam agama kita. Dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 13, Allah SWT berfirman:

"Ya ayyuha alladzina amanu la yaskhar qawmun min qawmin asa an ya kunu khayran minhum wala nisaun min nisa-in asa an ya kunna khayran minhunna wala talmizu anfusakum wala tanabazu bial-alqabi bissu-i al-isamu bada al-iman waman lam yatub faola-ika humu al-dhalimun"

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan). Dan jangan pula suatu wanita mengolok-olokkan wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Dan janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah kamu memanggil satu sama lain dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk setelah (ada) iman. Dan barangsiapa tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim."

Dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak beriman seorang di antara kamu sehingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri."

Saudaraku sekalian, dari ayat dan hadits di atas, kita bisa memahami bahwa mencintai sesama manusia adalah tindakan yang sangat mulia dan dianjurkan dalam agama kita. Kita harus senantiasa menjaga adab dan etika dalam pergaulan dengan sesama manusia.

Kita harus menghindari perilaku yang bisa menyakiti hati orang lain seperti ghibah, fitnah, dan mencela. Sebagai muslim, kita harus selalu berusaha mencintai dan membantu sesama manusia tanpa memandang latar belakang, suku, agama, atau jenis kelamin.

Saudaraku sekalian, mari kita tingkatkan adab mencintai sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah kita mengolok-olok atau merendahkan orang lain. Ingatlah, kita semua sama di hadapan Allah SWT. Kita juga harus membantu dan saling mengasihi tanpa memandang latar belakang.

Semoga kita selalu diberikan kemampuan dan kekuatan untuk selalu menjaga adab dan etika dalam pergaulan dengan sesama manusia. Amin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

kultum adab mencintai sesama manusia #4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk berkumpul di tempat ini dan beribadah kepada-Nya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang adab mencintai sesama manusia.

Sebagai umat muslim, kita telah diberikan ajaran untuk mencintai dan memuliakan sesama manusia. Hal ini tercantum dalam banyak ayat al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Sebagai contoh, Allah SWT berfirman dalam surat al-Hujurat ayat 13, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga memberikan contoh dalam perilaku dan sikapnya terhadap sesama manusia. Beliau selalu memuliakan dan menghormati orang lain, baik itu muslim maupun non-muslim. Sebagai contoh, ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Nabi bersabda, "Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri."

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga harus berusaha untuk selalu mencintai dan memuliakan sesama manusia, tanpa terkecuali. Meskipun kita berbeda agama, suku, ras, dan budaya, kita tetap harus saling menghargai dan menghormati. Mencintai sesama manusia juga bisa ditunjukkan dengan memberikan pertolongan ketika diperlukan, memberikan senyuman dan sapaan yang ramah, atau bahkan hanya dengan mengucapkan kata-kata yang menyenangkan.

Jadi, marilah kita bersama-sama berusaha untuk selalu mencintai dan memuliakan sesama manusia, seperti yang diajarkan oleh ajaran Islam. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita untuk melaksanakan ajaran-Nya dengan sebaik-baiknya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.





No Comment
Add Comment
comment url