jelaskan tentang gempa yang didasarkan pada faktor penyebabnya

Soal

jelaskan tentang gempa yang didasarkan pada faktor penyebabnya

jawaban

Berdasarkan faktor penyebabnya, gempa bumi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Gempa Tektonik: Gempa tektonik disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik di bawah permukaan bumi. Ketika lempeng bergerak atau bergeser, energi yang dilepaskan dapat menyebabkan gempa bumi. Jenis gempa ini biasanya terjadi di zona subduksi, zona transformasi, atau zona spreading.
  2. Gempa Vulkanik:  Gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas magma di dalam gunung api. Ketika magma bergerak di dalam gunung api, bisa menimbulkan tekanan pada dinding-dinding magma atau pada lapisan batuan di sekitarnya. Tekanan yang terlalu besar ini bisa menyebabkan terjadinya gempa.
  3. Gempa Runtuhan (Landslide): Gempa  landslide terjadi karena adanya longsor atau gerakan tanah yang sangat cepat. Gerakan tanah ini bisa disebabkan oleh gempa bumi atau karena faktor-faktor lain, seperti curah hujan yang sangat tinggi, letusan gunung berapi, atau aktivitas manusia seperti penambangan. Jenis gempa ini biasanya terjadi di daerah-daerah yang memiliki kemiringan tanah yang cukup curam atau di daerah rawan longsor.



No Comment
Add Comment
comment url