Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan

"Soal:"

Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu berwujud tetapi juga tidak berwujud. Sumber daya tersebut santara lain sumber daya alam dan sumber daya manusia. Menurut Anda, manakah lebih prioritas dalam pembangunan nasional, Sumber Daya Alam (SDA) atau Sumber Daya Manusia (SDM). Uraikan dengan contoh!

"Jawaban :"

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki prioritas yang lebih tinggi dalam pembangunan nasional.

"Penjelasan:"

Sumber Daya Manusia (SDM) dianggap lebih prioritas dalam pembangunan nasional karena kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia dapat menjadi pendorong utama bagi kemajuan suatu negara. Berikut ini contoh penjelasannya:

1. Contoh SDM: Jepang
Jepang memiliki sedikit Sumber Daya Alam (SDA) yang kaya, seperti logam dan minyak bumi. Namun, melalui investasi yang besar dalam pendidikan dan pelatihan, Jepang berhasil mengembangkan kekuatan ekonominya. SDM yang terdidik dan terampil memainkan peran kunci dalam inovasi teknologi, industri manufaktur yang maju, dan daya saing global Jepang.

2. Contoh SDA: Arab Saudi
Arab Saudi memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama minyak bumi. Namun, kurangnya fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat menyebabkan ketergantungan yang berlebihan pada sektor minyak dan ketidakseimbangan ekonomi. Hal ini membuat negara tersebut sulit untuk beradaptasi dengan perubahan global dan mendorong perkembangan yang berkelanjutan.

.
No Comment
Add Comment
comment url