1. Apa pengertian koperasi? 2. Sebutkan prinsip koperasi! 3. Sebutkan tugas pengurus dan pengawas koperasi!

Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini! 1. Apa pengertian koperasi? 2. Sebutkan prinsip koperasi! 3. Sebutkan tugas pengurus dan pengawas koperasi! B. Apa pendapatmu terhadap pernyataan berikut ini? 1. Koperasi merupakan usaha yang didirikan untuk melayani anggotanya. 2. Manajemen koperasi tidak diperlukan karena setiap anggota bisa menjadi pengurus atau pengawas setiap waktu. C. Tugas Kelompok Berkunjunglah ke koperasi terdekat dari sekolahmu. Temukan data dan fakta tentang jumlah anggota koperasi, jumlah SHU yang dibagi setiap tahun dan badan hukum koperasi tersebut. Diskusikan data dan fakta tersebut secara kelompok!​

Jawaban

A.
  1. Koperasi adalah sebuah badan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan anggota melalui kegiatan ekonomi yang dilakukan secara bersama-sama.
  2. Prinsip koperasi terdiri dari keanggotaan sukarela, manajemen demokratis, partisipasi ekonomi anggota, otonomi dan independensi, pendidikan, pelatihan dan informasi, serta kerja sama antar koperasi.
  3. Tugas pengurus koperasi adalah mengelola koperasi dan memastikan keberlangsungan usaha, sedangkan tugas pengawas koperasi adalah memantau dan mengawasi jalannya kegiatan koperasi agar sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi.

B.
  1. Pernyataan tersebut benar, karena tujuan utama dari koperasi adalah untuk melayani kepentingan dan kesejahteraan anggota.
  2. Pernyataan tersebut salah, karena manajemen koperasi sangat penting untuk menjalankan kegiatan usaha dengan baik dan memastikan keberlangsungan koperasi secara berkelanjutan.
No Comment
Add Comment
comment url