pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan sosial budaya Filipina kondisi geografis kondisi sosial kondisi budaya kesimpulan​

Soal

pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan sosial budaya Filipina kondisi geografis kondisi sosial kondisi budaya kesimpulan​

Jawaban :

Kondisi geografis Filipina mempengaruhi kehidupan sosial budaya Filipina. Wilayah kepulauan dan letaknya di antara Samudra Pasifik dan Laut China Selatan mempengaruhi adopsi budaya dan perdagangan dengan negara-negara tetangga serta menentukan pola hidup masyarakat Filipina. Kondisi sosial dan budaya di Filipina juga dipengaruhi oleh pengaruh agama, sejarah kolonialisme dan globalisasi.

Penjelasan:

Kondisi geografis Filipina sebagai wilayah kepulauan dengan 7.641 pulau dan letaknya di antara Samudra Pasifik dan Laut China Selatan mempengaruhi kehidupan sosial budaya Filipina. Posisinya yang strategis sebagai persimpangan perdagangan dan budaya antara Asia dan Pasifik memungkinkan Filipina untuk mengadopsi berbagai pengaruh budaya dari tetangga-tetangganya seperti China, Malaysia, Indonesia, dan Spanyol yang pernah menjajah Filipina selama 333 tahun.

Pola hidup masyarakat Filipina juga dipengaruhi oleh kondisi geografis. Contohnya, kehidupan di daerah pedalaman yang terpencil seperti di pulau-pulau terluar di Mindanao dan Visayas memiliki pola hidup yang berbeda dengan kehidupan di kota-kota besar seperti Manila dan Cebu.

Pengaruh agama juga memengaruhi kehidupan sosial budaya Filipina. Sebagian besar penduduk Filipina adalah umat Katolik Roma karena pengaruh penjajahan Spanyol. Namun, terdapat juga minoritas Muslim di wilayah selatan yang memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda.


No Comment
Add Comment
comment url