buatlah puisi dengan tema bebas - sesuai dengan kaidah bahasa indonesia

Buatlah puisi dengan tema bebas!

Jawaban

Berikut ini merupakan kumpulan puisi dengan tema bebas.

1. Pagi Indah 

Kicau burung di pagi hari
Membuat alam bagai bernyanyi
Dengan cahaya sang surya
Pagi ini terasa indah

Kubuka pintu dan jendela
Angin sejuk pun mulai terasa
Aku pun bersyukur kepada-Nya
Betapa indahnya alam raya.

2. Bayangan

Kemanapun aku pergi
Dia selalu mengikuti
Kemanapun aku melangkah
Dia ingin bersama-sama

Bila terang dia datang
Meskipun aku tidak mengundang
Bila gelap dia pergi
Walaupun aku memanggil dirinya

puisi tema bebas



Berikut ini contoh puisi dengan tema bebas sesuai dengan perasaan yang sedang yang dirasakan saat ini

3. Bahagia

Sudah lama ku pendam rindu
Ingin rasanya segera bertemu
Dengan orang-orang yang kusayang
Yang Berjumpa pun begitu jarang

 Kutunggu-tunggu waktu liburan
Agar terjadi pertemuan
Di sana bermain bersama-sama
Pencurian dan canda tawa

4. Sedih

Betapa sedihnya hatiku
Ingin rasanya aku menangis
Hatiku rasa pilu 
Bagaikan panas tersiram gerimis

Biarlah ku pendam dalam hati
Segala perasaan yang mengguncang
Entah esok atau suatu hari nanti
Semua rasa ini pasti hilang

5. Lelah

Saat semua harapan
Jauh dari kenyataan
Jiwaku merasa lelah
Ujian ini tak sudah-sudah

Ingin aku pergi jauh
Tuk jernihkan pikiran yang keruh
Tuk temukan kebahagiaan
Yang kini lepas dari genggaman


Pembahasan

Puisi merupakan bentuk karya sastra yang erat dengan rima, irama, bait, dan semacamnya.

Setiap puisi memiliki sebuah tema tertentu. Diantaranya adalah tema kemanusiaan, keagamaan, percintaan, kepahlawanan, keluarga, pendidikan, dan tema-tema lainnya.

Berikut ini beberapa contoh puisi dengan tema pendidikan.

6. Jasa Seorang Guru

Setiap hari-hariku
Aku berjumpa denganmu
Untuk belajar berbagai ilmu
Demi masa depanku

Betapa besar jasa jasamu
Menghantarkan bangsa masa depan
Jasamu tak ternilai bagiku
Masa di sekolah kan jadi kenangan

7. Sekolah

Di sekolah kita
Banyak sekali berbagai cerita
Menjadi kenangan yang begitu indah
Sampai kapanpun tak mungkin terlupa

Di sini kita bercanda tawa
Dipenuhi riang dan kegembiraan
Disini kita merajut masa depan
Anggar hidup ini terasa indah

Contoh puisi yang bertemakan kepahlawanan

8. Merdeka

Hari ini
Kan hirup udara bebas
Menatap luasnya laut dan langit
Bagaimana tak masa depan

Engkaulah yang telah membawa kami
Menuju alam kemerdekaan
Kini kami sibuk dalam pembangunan
Kadang terlupa

Akan kami lanjutkan
Segala bentuk perjuangan
Menjaga negeri tercinta
Harga untuk selamanya

Di bawah ini adalah contoh puisi dengan tema percintaan

9. Bingung

Dari kedalaman jiwa
Kudengar sebuah kidung indah
Seolah mengajakku mengembara
Ke negeri yang tak pernah kukenal sebelumnya

Entah mengapa
Bayang-bayangmu selalu datang
Mengiringi hari-hariku
Aku, terganggu

Ingin melepaskannya
Namun tak ingin kehilangan
Bagaikan buah simalakama
Ku berdiri kebingungan.

10. Anak Hilang

Alangkah hijau
Bentangan padi di sawah
Bersama kicau burung kecil
Yang berterbangan di dahan-dahan

Kau dan aku hanyalah seikat rumput
Yang telah tercerabut dari akarnya
Kini kita tak tahu
Akan kemana perginya

Kita telah kehilangan desa indah
Dan pergi menuju kota
Menjadi anak desa yang Lupa
Dengan kampung halamannya
    

Puisi tema bebas 2 bait

11. Pergi

Hari ini aku ingin pergi
Ke suatu tempat yang jauh
Agar  engkau datang kembali
Datang  menggangguku

Semuanya telah berakhir
Segalanya telah selesai
Yang tersisa hanyalah kenangan
Kenangan yang sama yang kita miliki berdoa.

12. Guru

Aku ingin seperti merpati
Kan langit terbang tinggi
Mengembangkan sayap keluasan

Aku ingin seperti elang
Menguasai angkasa raya
Tak Ingin turun ke tempat yang hina

Aku ingin menjadi teladan
Memberi contoh kepada insan
Membawa manusia kepada kebahagiaan

Puisi bertema keluarga


13. Ibuku

Ibuku
Adalah orang yang penuh pengorbanan
Adalah orang yang paling penyayang
Orang yang mudah memaafkan

Terima kasih atas segalanya
Kau berikan kehangatan
Kau memberikan perlindungan
Kau berikan kasih dan sayang

Puisi tentang cinta ibu dan ayah


14. Ibu dan Ayah

Ibu dan ayah
Bagaikan bintang dan rembulan
Cahaya di kegelapan
Membuat hidup penuh keindahan

Hatiku sangat bahagia
Memiliki ayah dan bunda
Keluarga adalah anugerah
Pemberian dari Yang Maha Kuasa.

15. Kasih Sayang

Cinta ibu dan ayah
Bagaikan cahaya di malam gelap
Kasih sayang ibu dan ayah
Bagaikan embun di musim kemarau

Setiap kali aku kesepian
Kuingat ibunda dan ayah
Diriku pun kembali bahagia

Bila terbangun di tengah malam
Dan aku merasa ketakutan
Kau peluk aku dengan kasih sayang
Sehingga aku merasa aman

16. Andai 

Andai kau bisa memahamiku
Dan andai kau mengerti
Semua isi hatiku
Mungkin kau akan temukan
Sebuash kisah dilubuk hatiku
Kisah yang tak pernah bisa terganti
Yaitu kisah tentang kita

Beribu pulau telah kulalui
Bermacam orang telah q tumui
Berbagai kota telah ku singgahi
Namun tak bisa gantikan kisah ini

Kisah tentang perjuangan cinta
Yang pernah singgah walau sementara
Namun sampai kini masih tersimpan utuh
Dan tak tau kapan kan sirnah
Dari relung dan sanubariku

Walau engkau tak pernah tau
Namun ku ingin kisah itu selalu ada
Walau hanya sebagai kenangan
Tapi yang pasti
Semua tentang kita hanyalah
Tinggal memori semata

karya Arfah Palaka


16. Cinta Seorang Ibu

Ibu adalah cinta yang paling mulia
Yang doanya selalu terucapkan untuk anak-anaknya.

Ibu adalah cinta yang paling berharga
Karena ketulusan berada di dalamnya
Lebih luas daripada lautan dan samudra
Lebih tinggi daripada angkasa raya

Aku bergembira bersama ibu
Meniti masa depanku
Merakit cerita yang paling syahdu
Yang tak akan pernah hilang dari kalbu

Ibu adalah tempat yang paling sejuk dan damai
Bagaikan telaga dengan hembusan angin  permai

Tempat aku pulang
Melepaskan segala resah dan gelisah
Tempat aku bercerita
Menentukan berbagai macam masalah

Kasih sayangmu bersenandung di langit sana
Jatuh bergerimis menjadi kerinduan
Mengetuk-ngetuk hatiku

17. Anganku

Cinta
Bintang yang terang
sinarmu sungguh indah
keindahanmu mengingatkan aku
pada seseorang…………
dimana aku sangat merindukannya
malam yang begitu sunyi……….
mengapa dia tak hadir untuk menemaniku
angin yang berhembs dengan kencang……….
Tuhan sampaikan salam ku padanya
bahwa aku sangat merindukannya
kuingin dia selalu mencintaiku
dimanapun dia melangkah




No Comment
Add Comment
comment url