buatlah puisi bertema cita-citaku - dokter, guru, polisi, tentara

Anak-anak memiliki cita-cita. Keinginannya dapat digambarkan melalui puisi. Di bawah ini merupakan kumpulan puisi dengan tema menggapai cita-cita. Semoga bisa membantumu. 

Buatlah puisi tentang cita-cita!

Jawaban 

Berikut ini merupakan contoh puisi yang bertemakan cita-cita. 

Di bawah ini contoh puisi tentang cita-citaku menjadi dokter. 

1.

Dokter

Engkau mengobati dengan sabar
Memeriksa suhu tubuhku
Memeriksa detak jantungku
Memeriksa nafasku

Engkau pandai bercerita
Sehingga aku pun lupa
Bahwa aku sedang diperiksa

Engkaulah dokter yang paling baik
Disukai semua anak
Jika besar nanti
Aku ingin menjadi dokter anak sepertimu. 

2.

Ketika Aku Sakit 

Ketika aku sakit
Ibu membawaku ke dokter
Aku takut, aku tak mau
Ke dokter itu mengerikan. 

Dengan jantung berdebar-debar
Ku masuki ruang pemeriksaan
Berjumpa dengan seorang dokter
Wajahnya ramah selalu tersenyum

Rasa takutku pun hilang
Saat dokter bercerita
Sambil tangannya memeriksa
Lalu dia berkata," cepat sembuh ya!" 

Jika besar kelak
Aku ingin seperti dirinya
Menjadi dokter yang ramah. 

puisi cita-citaku



3.

Cita-citaku 

Dari dahulu sampai sekarang
Hatiku memiliki keinginan
Memiliki sebuah cita-cita
Menjadi dokter yang ternama

Bila jadi dokter nanti
Akan kutolong semua orang
Mengobati mereka yang sakit
Agar bisa kembali sembuh

Hari-hariku terus belajar
Agar cita-citaku bisa terkejar
Kubuang rasa malas
Kugantikan dengan semangat. 

4.

Cita-citaku Menjadi Guru

Menjadi guru adalah cita-citaku
Cita-cita semenjak dahulu
Entah mengapa sebabnya
Menjadi guru adalah pilihanku

Guru adalah orang yang mulia
Mengajarkan ilmu pengetahuan
Menanamkan budi pekerti
Menghiasi diri dengan kepribadian. 

5.

Cita-citaku menjadi polisi

Cita-citaku menjadi polisi
Memakai seragam gagah berani
Menolong orang yang dijahati
Menegakkan keadilan di bumi ini

Akan ku berantas para penjahat
Agar semua hidup damai
Kemanapun tak ada yang ditakutkan
Sama orang hidupnya tenang. 

6.

Cita-citaku menjadi tentara

Alangkah gagahnya
Tentara berbaris amat artinya
Memanggul senjata di pundaknya

Cita-citaku menjadi tentara
Menjaga negeri yang tercinta
Memelihara keutuhan bangsa
Dari segala yang meruntuhkannya

7.

Cita-citaku menjadi polwan

Mengenakan seragam dan topi
Berbaris dengan tegap dan rapi
Tampak bersahaja dan berani
Biar selalu untuk mengabdi

Aku ingin menjadi polwan
Yang berani jujur dan setia
Yang dapat mengharumkan
Nama baik Indonesia

Tidak akan pernah menyerah
Menjaga Indonesia selalu damai
Tidak akan pernah putus asa
Menjaga tanah air yang indah permai. 

8.

Cita-citaku menjadi pilot

Aku ingin terbang jauh
Ke angkasa menembus awan
Membawa penumpang ke tujuan
Terbang dengan pesawat besar

Menjadi pilot adalah cita-cita
Yang kupatrikan di dalam dada
Dengan semangat membara
Kan kugapai dengan berbagai upaya. 

9.

Pemain Sepak Bola

Senang sekali berolahraga
Apalagi bermain bola
Bersama teman yang sebaya
Badan sehat hati gembira

Cita-citaku menjadi pemain bola
Yang membela nama negara
Tak akan melewatkan satu hari
Aku akan selalu berlatih

10.

Arsitek 

Jika besar nanti
Aku ingin menjadi arsitek
Mendesain rumah yang cantik
Membangunnya dengan baik

Inginku bangun rumah yang indah
Inginku Bangun gedung yang megah
Agar ayah dan ibu bangga
Kan ku gapai cita-cita

11.

Astronot 

Aku ingin jadi astronot
Pergi jauh ke ruang angkasa
Melihat bulan dan bintang-bintang
Yang bercahaya di malam kelam

Setiap hari aku semangat
Terus belajar agar hebat
Cita-cita harus kuraih
Walau terasa berat dan perih

12.

Pramugari 

Cita-citaku menjadi pramugari
Bekerja dalam pesawat terbang
Mengunjungi berbagai negeri
Mengangkasa di atas awan

Inginku kunjungi negeri yang jauh
Negeri yang tak pernah aku kenal
Mendatangi tempat-tempat yang baru
Bertemu dan bertukar pikiran serta ilmu

13.

Atlet 

Bila besar nanti.
Aku ingin menjadi olahragawan
Menjadi atlet yang berprestasi
Mengharumkan Indonesia

Setiap hari pasti berlatih
Pantang menyerah apalagi kalah
Cita-cita Harus terlaksana
Giat berlatih Tak Kenal lelah. 

14.

Atlet Bulutangkis 

Aku kagum kepadanya
Lincah bermain di lapangan
Mengharumkan nama bangsa
Dalam setiap pertandingan

Aku ingin jadi juara dunia
Mengalahkan semua lawan
Demi Indonesia tercinta
Kan kugapai cita-cita

15.

Apoteker

Cita-citaku menjadi apoteker
Mempunyai klinik kesehatan
Menyediakan berbagai obat
Berteman juga dengan dokter

Semoga cita-citaku tercapai
Bukan sekedar impian harapan
Semoga menjadi kenyataan
Apa yang telah aku inginkan. 

16.

Anak Sholeh

Keinginanku 
Menjadi anak yang sholeh
Berbakti kepada Ayah Bunda
Agar mereka bahagia

Apapun akan kulakukan
Demi membahagiakan ibuku sayang
Apapun akan kulakukan
Demi kebahagiaan ayahku seorang

17.

Bidan

Saat ibuku melahirkan
Adik kecilku yang lucu
Ada yang membantu
Yakni ibu bidan

Alangkah baik ibu bidan
Alangkah pandai menolong orang
Akupun ingin seperti dia
Kelak jika aku dewasa

18.

Pemain Basket

Cita-citaku tak begitu megah
Hanya ingin menjadi pemain basket
Olahragawan yang sejati
Bisa juga disebut atlet

Pemain basket profesional
Yang pandai membuat skor
Mengalahkan tim lawan

19.

Desainer Baju

Cita-citaku...
Menjadi desainer baju
Kubuka butik sendiri
Aku hidup mandiri

Semua desain
Kuwujudkan jadi kenyataan
Baju indah dipandang
Aku berkarya menyerah berpantang..

20.

Pengusaha

Setelah lulus sekolah
Banyak orang ingin bekerja
Banyak orang ingin mendapat gaji

Tetapi aku berbeda
Aku ingin membuka lapangan kerja
Aku ingin memberi gaji kepada pekerja

Cita-citaku jadi pengusaha
Walau harus bekerja keras
Jika sudah sukses
Tentu banyak yang orang yang bisa ku bantu. 

21.

Dokter Hewan

Waktu kecil aku punya
Hewan kesayangan yang kupelihara
Sayang sayang seribu kali sayang
Dia sakit dan tak tertolong

Aku ingin menjadi dokter hewan
Agar bisa menolong hewan kesayangan
Mengobatinya bila sakit
Agar bisa kembali bermain

22.

Hafidz Quran

Di dalam hidup ini
Tentu banyak keinginan
Namun ada keinginan yang besar
Yang menggelora di dalam dada

Aku ingin hafal Quran
30 juz tiada yang kurang
Memahami isi dan kandungannya
Mengamankan apa yang ada di dalamnya. 

23.

Imam

Ku ingin menjadi seorang ulama
Yang memahami ilmu agama
Mengerti al-quran serta sunnah
Agar nanti masuk ke Jannah

Aku harus menghafal Alquran
Harus juga hafal as-sunnah
Nahwu Shorof harus ku kuasai
Sebagai bekal menggapai cita-cita

24.

Koki

Aku ingin suka makan
Makan berbagai macam masakan
Yang tradisional maupun modern
Makanan lokal maupun luar

Aku ingin menjadi koki
Supaya bisa masak setiap hari
Mengenali berbagai masakan
Dan membuka sebuah restoran

25.

Chef

Lidahku ini memang pandai
Memahami berbagai rasa
Perutku ini memanglah pintar
Menikmati berbagai makanan

Aku ingin punya restoran
Dan ku masak resep paling enak
Menjadi chef yang terkenal
Hidup sukses kaya raya

26.

Nakhoda

Cita-citaku menjadi nahkoda
Mengomandoi kapal besar
Membelah lautan
Menghadapi ombak gelombang

Tak kan  takut tenggelam
Tentu aku  pandai berenang
Semoga tercapai cita-citaku
Menjadi nahkoda di masa depan

27.

Masinis

Ketika kulihat ayah bekerja
Memakai seragam terlihat gagah
Mengendalikan laju kereta
Menyusuri Jalan panjangnya

Aku ingin seperti ayah
Menjadi masinis di kereta
Bekerja dengan amat rajin
Mengantar orang ke tujuannya 

28.

Pemadam Kebakaran 

Cita-citaku ingin menjadi pemadam kebakaran
Menolong semua orang yang membutuhkan
Mengayomi masyarakat dari ancaman yang bisa menghanguskan
Mengedukasi supaya tidak terjadi kebakaran

Saat masyarakat membutuhkan bantuan
Kami selalu siap mengerahkan

Segala bentuk tenaga yang dibutuhkan
Untuk memadamkan di jago merah di perapian

Tugas pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan
Bukan hanya juga menyelamatkan barang-barang
Tetapi...
Membuat keadaan aman dan nyaman juga kewajiban

29.

Ustadzah 

Cita-citaku menjadi ustadzah ustadzah
Selalu mengajarkan ilmu agama
Mendidik anak-anak bangsa
Memiliki akhlak yang mulia

Hidup di dunia ini sementara
Tentu kita harus beramal mulia
Sebagai bekal bagi manusia
Agar bisa masuk ke surga

30.

Puisi Cita-cita Berbagai Rima


Guru (Rima  aaaa) 

Guruku yang mulia
Engkaulah pengabdian  yang setia
Mendidik anak-anak bangsa 
Menjadi pintar, pandai, dan bersahaja

Jika kelak aku dewasa
Akupun ingin memberi jasa
Menjadi orang yang berguna
Bagi nusa bangsa dan agama. 

Guru (Rika AB AB) 

Bila kau bertanya cita-cita
Cita-citaku menjadi guru
Moga tercapai kala dewasa
Cita-cita yang mengisi ruang kalbu

Keterangan

Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Puisi memiliki ciri-ciri 
  • Ditulis dalam bentuk bait.
  • Memiliki rima atau sajak yang teratur.
  • Bermakna konotatif dan mengandung gaya bahasa.
  • Terdiri dari kesatuan sintaksis.
  • Bahasanya padat tapi kaya makna.
  • Mengungkap pikiran serta perasaan dari penyair berdasar pada pengalaman.
  • Berbentuk imajinatif.

Buatlah puisi yang bertema tentang alam sekitar

Manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

Alam sekitar bisa berupa benda mati maupun benda hidup. 

Contohnya adalah matahari, bulan, awan, angin, cuaca, dan lain sebagainya. 

Sedangkan benda hidup contohnya adalah hewan, misalnya ikan, kelinci, padi, padi, dan lain-lainnya. Baca pada  puisi alam sekitar

Selain itu ada pula puisi bagus berjudul guruku pahlawanku. Tentunya kita menghadiahkan puisi untuk guru tercinta

Itulah beberapa puisi yang bisa menggambarkan cita-citamu. 

















No Comment
Add Comment
comment url